Rabu, 23 Juni 2010

Legenda Pulau Komodo?


Go to fullsize imageGo to fullsize image

 Setelah gue ngepost hal-hal ga jelas di sekitar hidup gue.. kini kita beralih lagi ke ilmu pengetahuan seperti sediakala blog gue tercipta (biar keliatan jenius guenya..haha). Sekarang tentang Pulau Komodo, yang diusulkan dari salah satu temen gue di jarsos. Hahaha..kehabisan ide gue..  Selama ini kita tau kan Pulau Komodo itu nongol di tv, diliatin penampakannnya, komodonya juga ngeksis di kamera, disuruh vote lah..tapi kawan-kawan ada yang udah pernah dengar legendanya belum? katanya sih mau di bikin film berjudul Puteri  Komodo (kalo ga salah namanya itu) 

   Tentang legendanya gue kurang tau begitu jelas.. Yang pasti, sejak dulu di Pulau Komodo dikisahkan adanya naga raksasa. Menurut para pelaut dulu, makhluk ini lebih mirip sebuah monster yang sangat menakutkan. Katanya ekornya bisa merubuhkan seekor kerbau hanya dengan satu kibasan, rahangnya yang kuat mampu menelan satu babi hutan dengan satu gerakan. muutnya pun senantiasa menyemburkan api.Karena beredar kabar seperti ini, nggak ada satupun yang berani ke sana dan membuktikan kebenarannya.

Letnan Steyn van Hensbroek, seorang pejabat Administrasi Kolonial Belanda di kawasan Flores mendengar laporan ini dan kisah-kisah yang melingkupi Pulau Komodo. Ia pun merencanakan perjalanan ke Pulau Komodo. Setelah mempersenjatai diri dan membawa satu regu tentara terlatih, ia mendarat di pulau tersebut.
Setelah beberapa hari di pulau itu, Hensbroek berhasil membunuh satu spesies aneh itu. Ia membawanya ke markas dan dilakukan pengukuran panjang hasil buruannya itu dengan panjang kira-kira 2,1 meter. Bentuknya sangat mirip kadal. Satwa itu kemudian dipotret  oleh Peter A Ouwens, Direktur Zoological Museum and Botanical Gardens Bogor, Jawa. Inilah dokumentasi pertama tentang komodo.

    Oh ya, temen sekelas gue pernah bilang, katanya kalo cewek lagi datang bulan, jangan ke sana. Soalnya, Komodo tuh hidungnya tajam sama bau darah. Di samping mengandung bisa, air iur komodo juga memiliki aneka macam bakteri mematikan di dalamnya. 28 bakteri gram positif dan 29 gram negatif teah terisolasi didalamnya.Bakteri tersebut mengakibatkan septikimia di dalamnya. Kalo dia dapat mangsa nih udah digigit, tapi mangsanya itu selamat bisa kabur, diperkirakan dalam waktu seminggu dia bakal mati gara- gara infeksi.
Oke, itu informasi yang gue dapat. info lebih anjut bisa diihat di http://www.lombokwisata.com/sejarah-wisata-pulau-komodo-dragon-indonesia.htm

  • Go to fullsize image


     

Komodo rupanya seperti naga-naga gambaran zaman pertengahan. Perbedaannya ialah komodo tidak menyemburkan lidah api dari lubang hidungnya layaknya naga dalam penggambaran zaman itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sarang in ga yo